Senin, 12 Januari 2009

Mengapa pendekatan permission marketing dibutuhkan untuk B2C?

Apa itu B2C ?
B2C adalah kegiatan bisnis yang menghasilkan barang atau jasa untuk konsumsi atau customer akhir.

Apa itu permission marketing?
Permission marketing adalah langkah dimana marketer akan meminta persetujuan dari customer sebelum mereka melangkah ke step selanjutnya untuk menjual suatu produk atau jasa.

Mengapa Permission Marketing ini penting?
Karena dengan memperlakukan customer dengan respect, secara tidak langsung customer akan memberikan perhatian lebih kepada penawaran yang diberikan.
Mendapatkan perhatian adalah kunci yang dibutuhkan didalam e-marketing. Permission marketer mengerti bahwa ketika seseorang memberikan perhatian pada penawaran yang diberikan, mereka mendapatkan orang yang benar-benar tertarik. Jika menggunakan permission marketing, maka langkah yang dilakukan akan lebih ke personal marketing orientation.
Untuk mendapatkan permission, biasanya kita memberikan promise. Nah ini adalah bagian yang tersulitnya. Karena membuat promise dengan customer, promise yang dilakukan harus ditepati, jika kita promise untuk memberikan newsletter seminggu, maka kita harus tetap memberikan news letter dalan kurun waktu seminggu. Jika kita promise untuk memberikan daily RSS feed and talk diupdate dalam 3 menit, maka kita harus memberikan RSS feed and talk itu. Sebagai marketer kita tidak boleh untuk mengubah promise yang kita lakukan diawal tanpa persetujuan kedua belah pihak. Jika promise kita ingin diubah, maka harus minta persetujuan dari sisi customer juga.

Tidak ada komentar: