Senin, 15 Desember 2008

Apakah e-procurement dapat meningkatkan pendapatan?

Sebelumnya, apakah procurement dan e-procurement itu?
Procurement merupakan proses pengadaan barang atau jasa. Dan kemudian procurement ini dikombinasikan dengan teknologi yang terus berkembang maka menjadi e-procurement. Sehingga procurement akan dilakukan secara otomatis.

Untuk lebih lanjutnya, apasih perbedaan yang menjadi nilai tambah dari e-procurement ?
Menghemat waktu
Mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk pengadaan barang atau jasa, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan barang atau jasa pada waktu yang tepat. Jika memungkinkan untuk mendapatkan barang atau jasa dengan waktu yang tepat, maka akan dapat diterapkan system just in time. Yang pada akhirnya just in time ini akan mengurangi biaya dari inventory.

Mendapatkan harga yang tepat
Memungkinkan untuk mendapatkan barang atau jasa dengan harga yang tepat. Biasanya jika sudah menggunakan system ini, biasanya akan diundang 3 perusahaan atau lebih untuk mengadakan tawaran. Sehingga perusahaan tidak akan dikelabui oleh perusahaan yang memasang harganya seenak mereka. Salah satu dari perusahaan yang memberikan tawaran akan dipilih jika memberikan harga yang sesuai dengan budget perusahaan.

Evaluasi performance supplier
Dengan cara melakukan pendataan dari tiap-tiap supplier, apakah mereka terlambat, bagaimana kualitas yang diberikan, berapa kali di reject,bagaimana scm nya. Semua itu dapat di track untuk mendapatkan supplier yang terbaik untuk kedepannya.

Mengurangi biaya administrasi
Dengan melakukan transaksi secara elektronik, banyak kegiatan administrasi yang menggunakan kertas dapat dihilangkan, sehingga akan mengurangi biaya pembelian kertas.

Mengurangi human error
Karena dilakukan dengan system yang sudah terkomputerisasi, maka kesalahan-kesalahan pencatatan dari human error pun dapat di kurangi. Jika dilakukan pemesanan, harus mendapat approval terlebih dahulu. Pengecekan akan dilakukan ketika approval dilakukan, sehingga human error pun dapat di minimalkan.
Mengurangi penggunaan karyawan
Dapat mengurangi penggunaan karyawan dalam proses yang dilakukan. Jika dapat mengurangi karyawan, maka akan dilakukan effisiensi biaya. Yang secara tidak langsung akan meningkatkan pendapatan.

Dari yang telah disebutkan diatas, maka dapat di simpulkan e-procurement ini akan mengurangi biaya dan secara tidak langsung akan menambah pendapatan perusahaan.

Tidak ada komentar: